Presiden Timor Leste Tak Bisa Lupa Jasa Gus Dur

Kunjungan Presiden Timor Leste Jose Manuel Ramos Horta ke kantor PBNU yang disambut hangat Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf membuat ia mengenang sosok presiden ke-4 KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.

Di Mata Ramos Horta, Gus Dur punya andil dan peran besar dalam pemulihan Timor Lesta pasca menjadi negara baru. Selain itu, Ramos Horta dan Gus dur memang sudah bersahabat dekat jauh sebelum Gus Dur menjadi presiden dan Timor leste menjadi negara merdeka. Horta bercerita saat pertama kali bertemu dengan Gus Dur di salah satu konferensi internasional yang digelar di Paris, Prancis. Peristiwa itu adalah awal Ramos Horta merasa dekat dengan NU.

Gus Yahya Bakal Undang Tokoh Agama Timor Leste di R20

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf secara resmi mengundang perwakilan tokoh agama Timor Leste untuk menghadiri perhelatan Relegion of Twenty 20 atau R20 di Bali November mendatang. Undangan resmi itu, disampaikan Gus Yahya langsung kepada presiden Timor Leste Leste José-Ramos Horta saat berkunjung ke kantor PBNU, Rabu, 20 Juli 2022.

R20 adalah pertemuan dan dialog pemimpin-pemimpin agama di dunia yang di gagas Gus Yahya. Akan banyak pemimpin agama di dunia yang akan diundang, di antaranya Pemimpin Gereja Katolik Paus Fransiskus, Pemimpin Persekutuan Anglican Uskup Justin Portal Welby, dan Uskup Agung Konstantinopel Bartolomeus I.

PBNU juga akan mengundang Tokoh Spiritual India Sri Ravi Shangkar dan Pemimpin Kamboja Raja Norodom Sihamoni. Dari Islam, PBNU akan mengundang Sekretaris Jenderal Liga Muslim Dunia Syekh Muhammad bin Abdul Karim Al Isa dan Grand Syekh Al-Azhar Syekh Ahmad Al-Thayyeb.
Agenda lawatan Presiden Timor Leste Leste José Ramos Horta ke Indonesia, salah satunya bertemu Gus Yahya. Karena Ramos merasa pihaknya sangat dekat dengan NU dan Presiden Indonesia ke-4 KH. Abdurahman Wahid.

Mencerdaskan Warga, Menata Kembali Peradaban di Era Digital | KH. Yahya Cholil Staquf

Sambutan Ketua Umum PBNU KH. Yahya Cholil Staquf pada acara Kick Off Literasi digital kerjasama antara KOMINFO dengan PBNU. Acara tersebut membawakan tema “Menyongsong Satu Abad Nahdlatul Ulama: Mencerdaskan Warga, Menata Kembali Peradaban di Era Digital” yang berlangsung pada hari kamis, 7 Juli 2022.

Menuju 1 Abad Nahdlatul Ulama

Nahdlatul Ulama akan genap berusia seratus tahun pada 16 Rajab 1344 atau pada 6 Februari 2023. Dalam usianya yang ke-100, sudah banyak sekali pekerjaan yang dilakukan oleh NU baik dalam aspek keagamaan, ekonomi, sosial dan Pendidikan. NU telah terbukti konsisten memperjuangkan keadilan, membangun kemandirian, dan membangun peradaban umat manusia.

Sejak awal didirikan oleh Hadratussyaikh Hasyim Asy’ari, KH Abdul Wahab Hasbullah, KH Bisri Syansuri dan para ulama lainnya, NU memang mengemban mandat peradaban. Berdirinya “perkumpulan para ulama” yang diberi nama Nahdlatul Ulama, pasca misi Komite Hijaz menjadi penanda jelas bahwa NU dibentuk untuk mengorganisasikan tanggung jawab para ulama dalam misi membangun peradaban.

Kerja-kerja peradaban ulama NU ini secara konsiten bisa kita lihat dari masa perjuangan merebut kemerdekaan, mempertahankan kemerdekaan, hingga menjaga tegaknya NKRI sampai saati ini. Hal ini tidak saja membuat NU mampu bertahan dalam berbagai tantangan zaman hingga saat ini, lebih jauh lagi NU selalu memberikan kontribusi nyata bagi nusa, bangsa dan agama selama 1 abad pertamanya.

Karena itu, abad kedua NU perlu diarahkan untuk mempertegas kembali pencanangan cita-cita Perkumpulan/Jam’iyah Nahdlatul Ulama (NU) untuk memperjuangkan peradaban dunia baru yang lebih mulia, yaitu terwujudnya tata dunia yang sungguh-sungguh adil dan harmonis, yang dibangun berdasarkan penghormatan atas kesetaraan hak dan martabat di antara sesama.

Kick Off Peringatan Satu Abad NU Jadi Momentum Era Kebangkitan Baru

Nahdlatul Ulama (NU) segera memasuki usia ke-100 tahun atau satu abad. Dalam rangka menyambut harlah satu abad NU ini, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama menggelar Rapat Pleno sekaligus Kick Off Peringatan Satu Abad NU di Hotel Sultan Jakarta, Senin, 20 Juni 2022.

Untuk menandai diresmikannya peringatan Satu Abad NU ini, Rais ‘Aam PBNU KH. Miftachul Akhyar, Ketua Umum PBNU KH. Yahya Cholil Staquf, Katib ‘Aam PBNU, KH. Ahmad Said Asrori, dan Sekertaris Jenderal PBNU, Saifullah Yusuf juga Ketua Pengarah Erik Thohir dan Ketua Panitia Pelaksana Peringatan Harlah NU Yenny Wahid, menekan tombol lampu secara bersama-sama.

Ketua Umum PBNU, KH. Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya berharap peringatan Satu Abad NU dapat menjadi momentum bagi NU untuk memasuki era kebangkitan baru. Gus Yahya menjelaskan, makna kebangkangkitan baru sesuai dengan hadits riwayat Abu Dawud yang meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda, “sesungguhnya Allah SWT mengutus umat ini pada setiap seratus tahun, orang yang memperbaharui umat agama mereka”.

Dalam kesempatan itu, Kiai Miftach mengapresiasi Erick Thohir yang telah dipercaya sebagai Ketua Pengarah (SC) untuk menyukseskan Peringatan Harlah Satu Abad NU. Menurut Kiai Miftachul Akhyar, hal ini merupakan sebuah kesempatan emas bagi Menteri BUMN untuk menunjukkan kelincahan dan kehebatannya

Selain melakukan Kick Off Peringatan Satu Abad NU, di tempat yang sama, PBNU juga menggelar Rapat Pleno yang diikuti oleh Pengurus NU dari berbagai daerah Indonesia. Rapat Pleno ini dibuka secara resmi oleh Rais ‘Aam PBNU, KH. Miftachul Akhyar.

Temui Rais Aam PBNU, Ulama Rusia: Islam Indonesia Role Model Masa Depan

Rais ‘Aam PBNU KH Miftachul Akhyar menerima kunjungan kehormatan dari Grand Mufti Rusia, Mr Albir Krganov di kediamannya di Pondok Pesantren Miftachussunnah di Jalan Kedung Tarukan No. 100 Surabaya, Jawa Timur, Kamis (16/6/2022). Tujuan kunjungan ini tak lain untuk mempererat hubungan antarumat Islam, khususnya para ulama di kedua negara.

QS. Al-Imran Ayat 102-103 – Qori Ustadz Mahrus Silmi Al-Maturidi

Ustadz Mahrus Silmi Al-Maturidi membacakan Quran Surat Al-Imran ayat 102-103 pada Pelantikan Pengurus Himpunan Pengusaha Nahdliyin masa khidmat 2022-2027, Rabu, 8 Juni 2022 di The Sultan Hotel, Jakarta.

Silaturahim dan Perkuat Kerja Sama, LAZISNU Kunjungi Kantor Pimpinan Pusat Muslimat NU

Sebagai upaya memperkuat kerja sama, LAZISNU PBNU melakukan kunjungan ke kantor Pimpinan Pusat (PP) Muslimat Nahdlatul Ulama di Jl Pengadegan Timur Raya No 2, Pancoran, Jakarta Selatan, pada Jumat (27/05/2022).


Sebagaimana disampaikan Ketua LAZISNU PBNU Ali Hasan Al Bahar, kunjungan tersebut dalam rangka silaturahmi dan melanjutkan kerja sama yang sudah terbangun antara pihaknya dengan Muslimat NU.

“Kami dari LAZISNU bersyukur kepada Allah Swt, mendapatkan kesempatan untuk bisa bersilaturahmi langsung ke kantor PP Muslimat Nahdlatul Ulama dan agendanya yang pertama adalah silaturahmi karena masih di bulan Syawal. Yang kedua menegaskan semua program yang telah dilakukan antara PP Muslimat dengan LAZISNU akan terus dilanjutkan dan mungkin banyak (program) yang baru lagi, yang akan kita bahas di kesempatan yang akan datang,” jelas Habib Ali Hasan, biasa disapa.


Dirinya menegaskan semua program yang terjalin antara LAZISNU PBNU dan Muslimat NU yang sudah berjalan akan terus dikembangkan.


“Dan masih banyak (program) yang bisa dikerjakan, kita kerjasamakan. Pintu LAZISNU untuk bekerja sama dengan Muslimat sangat terbuka lebar. Untuk teknis programnya, detailnya bisa menyusul. Hari ini kami ingin berlebaran terlebih dulu,” ungkapnya.

Habib Ali Hasan berharap kerja sama LAZISNU PBNU dan Muslimat NU dapat mendatangkan manfaat yang besar untuk Nahdlatul Ulama, jamaahnya, dan juga masyarakat Indonesia secara umum.

“Hari ini hari Jumat, hari yang disaksikan sebagai kebaikan oleh para malaikat, kami hadir ke PP Muslimat NU. Mudahan-mudahan setelah ini kami akan terus berkolaborasi, dan semoga mendatangkan manfaat yang besar untuk NU, nahdliyin, sebagai jam’iyyah dan sebagai jama’ah. Untuk Indonesia, dan untuk merawat jagad serta membangun peradaban,” pungkasnya.

Sementara itu Sekretaris Umum PP Muslimat NU Ulfah Mashfufah mengatakan, kunjungan tersebut merupakan upaya untuk memperlancar kerjasama, kolaborasi antara PP Muslimat NU dengan LAZISNU.

Ucapkan belasungkawa atas wafatnya Prof. Dr. H. Ahmad Syafi’i Ma’arif.

Ketua Umum PBNU KH. Yahya Cholil Staquf mengucapkan belasungkawa atas wafatnya Prof. Dr. H. Ahmad Syafi’i Ma’arif.

Turut berduka cita atas wafatnya Prof. Dr. H. Ahmad Syafi’i Ma’arif, ketua umum PP. Muhammadiyah periode 1998-2005.Semoga amal ibadah dan pengabdiannya diterima oleh Allah SWT.

Petani Surokonto Wetan Sambat Nasib Sengketa Lahan ke PBNU

Rombongan petani Surokonto Wetan, Kendal, Jawa Tengah, yang menghadapi sengketa lahan dengan perusahaan umum kehutanan negara (Perhutani), sejak tahun 2015 mendatangi Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Kamis, 26 Mei 2022, untuk mengadukan nasib mereka yang tak kunjung selesai.

Rombongan yang berjumlah 30 orang itu, diterima akrab di kediaman Wakil Ketua Umum PBNU KH. Sayyid Muhammad Hilal al Aidid, Jl, Cicurug, Menteng, Jakarta Pusat. Turut mendampingi, Ketua PBNU Alissa Qotrunnada Wahid, dan sejumlah pengurus lembaga PBNU yang terkait pertanahan, hukum dan pertanian.

Di hadapan pengurus PBNU, pimpinan rombongan Kiai Nur Aziz, yang pernah masuk bui dikriminalisasi karena membela petani, meminta bantuan PBNU untuk memperjuangkan nasib petani Surokonto Wetan atas sengketa lahan dengan Perhutani.

Peace Research Institute Oslo (PRIO) Kunjungi PBNU

BPN Siap Bantu Selamatkan Aset NU

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Kholil Staquf menerima kunjungan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan Djalil di Lantai 3 gedung PBNU, Jl. Kramat Raya 164, Jakarta Pusat, Rabu, 25 Mei 2022. Pertemuan dalam susana akrab dan gayeng tersebut berdiskusi dengan tema yang menarik dan sangat luas termasuk tentang cara menyelamatkan aset-aset NU.

Gus Yahya berharap, Kerjasama NU dan BPN, maupun lembaga yang dikembangkan Sofyan Djalil baik dibidang pendidikan maupun bidang asset serta ekonomi umat akn menjadi semakin erat. Sementara itu, Sofyan Djalil menjelaskan, sebelumnya sudah ada Memorandum of Understanding (MoU) antara NU dan BPN namun sudah kadarluasa. Oleh karena itu, katanya, kerjasama tersebut akan dilanjutkan kembali serta akan lebih diperbaiki kedepannya.

Sofyan Djalil berjanji akan menggerakkan aparat BPN seluruh Indonesia untuk menjalin komunikasi dan kerjsama dengan PWNU dan PCNU seluruh Indonesia untuk segera menginventarisir aset NU agar segera di sertifikasi.

Jenderal Andika Sowan PBNU Terkait Keamanan Negara

Jenderal Andika Sowan ke Ketum PBNU Gus Yahya, Sepakat Rancang Bela Negara NU-TNI

Jenderal TNI Muhammad Andika Perkasa menemui ketua umum pengurus besar nahdlatul ulama KH Yahya Kholil Staquf (Gus Yahya) pada hari Senin, 23 Mei 2022 di ruang kerjanya lantai tiga kantor PBNU, Jl. Kramat Raya 164 Jakarta Pusat. pertemuan tersebut dalam sangat hangat, akrab, dan gayeng. Pasalnya, setiap obrolan mereka diselingi cerita-cerita lucu sehingga tampak keduanya, beserta tamu lain tertawa, namun tetap serius pada subtansi pembicaran. Menurut Gus Yahya, Pembicaraan suasana akrab tersebut karena pembicaraan keluar dari hati ke hati. Bahkan, Gus Yahya menganggap jenderal Andika adalah orang NU. Kepada jenderal Andika, Gus yahya juga bercerita pengalaman selama mendampingi presiden abdurrahman wahid atau gus dur. Tampak Jenderal Andika menyimak serius cerita gus yahya namun tak bisa menahan tawa saat cerita pada bagian yang lucu. Jenderal Andika menyatakan, pihaknya baru bisa sowan ke PBNU karena sejak menjabat panglima TNI, masih mengurusi orientasi internal. Setelah urusan internal kelar, TNI baru berorientasi pihak luar termasuk perlu sowan ke PBNU sebagai mitra strategis.

Jenderal Andika datang diampingi oleh tiga jenderal lain, sedangkan dari PBNU tampak mendampingi wakil ketua Umum PBNU KH. Sayyid Muhammad Hilal Al Aidid, ketua PBNU Amin Said Husni, Ketua PBNU Chorul SHaleh Rasid dan ketua PBNU abdullah Latopada. Dalam kesempatan itu, TNI dan NU sepakat akan menjalin kerjasama program strategis tentang gerakan Bela Negara antara NU dan TNI. Gerakan itu juga bisa untuk menjaga keutuhan bangsa dan menjaga kondusifitas masyarakat. detail program akan dibicarakan secara oleh tim khusus yang dibentuk oleh kedua belah pihak. Senin, 23 Mei 2022, Jakarta Pusat.

Lampaui Target Program Vaksinasi, PBNU Apresiasi Pengurus Wilayah NU

Program Gerakan satu juta vaksinasi booster, kerjasama Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Polri dan Kementerian Agama (Kemenag) yang diluncurkan menjelang lebaran di Kantor PBNU, Jl. Kramat Raya, Jakarta pada Kamis, 21 April 2022, berlangsung sukes dan jauh melampaui target. Dari beban target 1 juta vaksin, gerakan satu juta vaksinasi booster yang melibatkan pengurus wilayah NU seluruh Indonesia ini, berhasil tembus mencapai 1.964.000. Dari jumlah tersebut, terdapat 4 PWNU yang sukses menembus target vaksin yang dibebankan.

Keempat PWNU tersebut adalah PWNU Jawa Timur, dari tagret 250 ribu vaksin tembus mencapai 392 ribu. PWNU Jawa Barat, PBNU menargektan 100 ribu justeru berhasil tembus hingga 324 ribu. Jawa Tengah yang ditargetkan 125 ribu, berhasil mencapai 265 ribu dan PWNU Sumatera Utara dari 50 ribu sukses memvaksin masyarakat hingga 135 ribu.


Sebagai bentuk apriesiasi, PBNU memberikan hadiah kepada 4 PWNU tersebut berupa uang tunai sejumlah 25 Juta Rupiah.

Perlu diketahui, Gerakan Vaksinasi booster digelar serentak sejak Kamis 21 April 2022, menyasar 1 juta orang yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Untuk menyukseskan gerakan vaksinasi itu, PBNU mengerakan kantor PCNU, PWNU, Kemenag, kantor kepolisian, dan di lembaga pendidikan maupun pesantren NU seluruh Indonesia.

Konbes NU 2022 Sahkan 19 Perkum NU

Konferensi Besar Nahdlatul Ulama (Konbes NU), yang berlangsung sejak tanggal 20 hingga 21 Mei tahun 2022 mengesahkan 19 Peraturan Perkumpulan (Perkum) NU. Keputusan tersebut disampaikan oleh Ketua Sidang II Pleno Pengesahan Hasil Sidang-Sidang Komisi H. Amin Said Husni, pada Sabtu (21/5/2022).


Ke-19 Perkum NU dikelompokkan menjadi tiga klaster. Klaster pertama, tentang keanggotaan dan kaderisasi yang terdiri dari dua Perkum. Klaster kedua, tentang keorganisasian yang terdiri dari 12 Perkum. Klaster ketiga tentang pedoman administrasi keuangan yang terdiri dari lima Perkum.

Konbes mengamanatkan kepada pengurus besar untuk melakukan evaluasi selambat-lambatnya dalam kurun waktu satu tahun penyelenggaraan sistem kaderisasi untuk dilakukan penyesuaian-penyesuaian seperlunya sesuai hasil evaluasi dimaksud.

Ustadz Timbul Pasaribu Bacakan Surat Al-Hasyr dan Al-Hujurat di Pembukaan Konbes NU 2022

Ustadz Timbul Pasaribu membacakan Ayat Suci Al-Quran QS. Al-Hasyr ayat 18 dan Al-Hujurat ayat 13 pada pembukaan Konferensi Besar NU 2022 di Hotel Yuan Garden Jakarta pada gelaran acara Konbes NU 2022.

PBNU Inisiasi Forum Relegious 20

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) berencana menggelar menggelar konferensi internasional yang diberi nama Relegion 20. Hal itu dilakukan untuk memperluas peran NU di mata dunia. Kegiatan ini juga dalam rangka memeriahkan peringatan NU yang akan memasuki usia 100 tahun.

Selain itu, rencana pertemuan para pemimpin agama di dunia ini akan digelar selaras dengan pertemuan pemimpin dunia yang akan digelar di Indonesia pada November 2022 di Indonesia.


“Tahun depan Nahdlatul Ulama akan mencapai 100 tahun, maka pengurus NU mencanangkan satu serial kegiatan dan program-program dinamis untuk menyongsong usia 100 tahun itu dengan tujuan agar ketika NU memasuki usia yang ke-100 itu seluruh warga, seluruh kader, seluruh jajaran pemimpin dan NU sudah sungguh-sungguh memiliki wawasan yang jelas tentang apa yang akan dan yang harus kita lakukan 100 tahun ke depan,”


“Dua di antaranya adalah rencana untuk menggelar konferensi internasional para pemimpin agama seluruh dunia yang insyaallah akan kita gelar berdekatan dengan pelaksanaan G20 yang akan dituanrumahi oleh Indonesia pada bulan November yang akan datang,” sambungnya.

Hal ini pararel dengan semangat Gus Yahya untuk membawa NU berkiprah lebih di dalam membangun peradaban dunia.


Sebelumnya Gus Yahya menghadiri undangan sebagai pembicara di Qatar. Di dalam forum pemimpin dunia tersebut, Gus Yahya mengajak para pemimpin dunia untuk membangun konsolidasi strategis untuk memperkuat perdamaian dunia.

Sejak kepemimpinannya, Gus Yahya telah menerima dan menemui puluhan duta besar dan perwakilan lembaga asing dari berbagai negara sahabat. Hal itu menunjukkan harapan yang tinggi akan peran serta NU dalam pembangunan peradaban dunia yang lebih baik.

Menkominfo dan CSCV Gandeng NU Kolaborasi Program Digitalisasi

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dengan Kementerian KOMINFO Republik Indonesia sepakat berkolaborasi di bidang teknologi-informasi.


Penandatangan kerjasama tersebut ditandatangani pada acara pembukaan Konferensi Besar Nahdlatul Ulama (Konbes NU), yang digelar di Hotel Yuan Garden, Jakarta Pusat, pada hari Jumat, 20 Mei 2022.


Selain itu, PBNU juga melakukan Penandatanganan kerjasama dengan Center for Shared Civilizational Values (CSCV).


Penandatangan kesepahaman tersebut dalam rangka percepatan digitalisasi di tubuh PBNU.

Kerja sama itu untuk mempersiapkan kerja-kerja PBNU ke depan. Mengingat skala kegiatan NU yang begitu besar, tidak ada jalan lain supaya bisa berjalan dengan baik, harus ada inovasi-inovasi teknologi. Teknologi digital akan menjadi tulang punggung keseluruhan operasi organisasi.

Sementara itu, Menkominfo Johnny G. Plate, menjelaskan, kerja sama tersebut dalam rangka kolaborasi untuk mengantar Indonesia, mengantar warga NU dalam mengakselerasi transformasi digital. Detail kerjasama akan dibahas melalui tim dari kedua belah pihak.

Dengan semangat dan program yang jelas yakni menghantar keberhasilan talenta-talenta digital Indonesia sehingga nanti bisa memanfaatkan transformasi digital untuk kemajuan serta kejayaan NU dan Indonesia.


Konferensi besar dibuka oleh Rais ‘Aam PBNU KH Miftachul Akhyar dan sejumlah kiai sepuh antara lain, Wakil Rais ‘Aam KH. Affifudin Muhajir, Habib Zein bin Umar bin Smith. KH Anwar Iskandar, dan sebagainya.


Hadir juga Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. Sementara, Mustasyar PBNU KH. Muftofa Bisri memberikan Mauidzahtul Hasanah.

Tausiyah Rais ‘Aam: Proyek Besar Kita itu Berkhidmat | Konbes NU 2022

Rais ‘Aam PBNU, Kiai Miftachul Akyar memberi tausiyah singkat tentang pentingnya berkhidmat di NU. “Proyek besar kita itu berkhidmat, apalagi yang berkhidmat adalah ulama-ulama, kita harus sadar ini,” singgung Rais Aam dalam tausiyahnya.


Video ini diambil pada tanggal 20 Mei 2022 di Hotel Yuan Garden Jakarta pada gelaran acara Konbes NU 2022 dengan mengusung tema “Penguatan Landasan Jam’iyah untuk Optimalisasi Khidmah”

Sambutan Gus Yahya di Pembukaan Konbes NU 2022 – Hotel Yuan Garden Jakarta

Selama empat bulan kepengurusan Gus Yahya bersama jajaran tanfidziyah memiliki agenda yang padat, hingga Gus Yahya sendiri mengibaratkan, tidak ada nama hari dan angka di kalender NU, yang ada hanya matahari terbit dan matahari tenggelam.

Sebelum memulai sambutannya, Gus Yahya menyatakan terharu karena Konbes NU dihadiri oleh Gus Mus dan diayomi langsung oleh sesepuh-sesepuh NU.


Video ini diambil pada tanggal 20 Mei 2022 di Hotel Yuan Garden Jakarta pada gelaran acara Konbes NU 2022 dengan mengusung tema “Penguatan Landasan Jam’iyah untuk Optimalisasi Khidmah”

Jangan Tanya Dalil ke Kiai NU – Gus Mus

Untuk pertama kalinya di acara NU selama kepengurusan Gus Yahya, KH. Mustofa Bisri atau yang biasa disapa dengan sebutan Gus Mus memberikan mauidah hasanah di hadapan kiai-kiai NU. Mauidah Hasanah yang singkat tersebut memberikan pesan yang dalam tentang sifat kiai-kiai NU yang dulu tidak ditanyai dalil, karena kiai itu sendiri adalah dalil.

Transformasi Nahdlatul Ulama

Muktamar ke-34 Nahdlatul Ulama yang digelar di Lampung pada 22 hingga 26 Desember 2021, mengamatkan pasangan Rais Aam KH Miftachul Akhyar dan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama KH Yahya Cholil Staquf untuk memimpin PBNU masa khidmat 2022-2027.

Hanya berselang satu bulan, susunan lengkap Pengurus PBNU diumumkan dalam acara Pengukuhan Pengurus PBNU di Balikpapan, Kalimantan Timur pada akhir Januari 2022. Pengukuhan pengurus PBNU yang mengangkat tema, Menyongsong 100 Tahun NU: Merawat Jagat, Membangun Peradaban, merupakan awal dari seluruh rangkaian program pengurus PBNU periode ini. Sebab dari sinilah, kinerja yang bermuara pada transformasi NU dimulai.


Lepas pengukuhan, PBNU menggelar serangkaian Peringatan Hari Lahir NU ke-99 mulai di Labuan Bajo Nusa Tenggara Timur, Palembang Sumatera Selatatan, serta Surabaya dan Madura, Jawa Timur. Kegiatan-kegiatan yang diwarnai dengan penandatanganan kesepakatan dengan sejumlah kementerian menunjukkan kuatnya sinergi antara PBNU dengan Pemerintah untuk menciptakan kesejahteraan yang lebih luas.

Persiapan KONBES NU 2022

KONBES NU digelar selama 3 hari, 20-22 Mei 2022. Registrasi peserta telah dibuka di lokasi acara sejak Jumat pagi (20 Mei). Peserta KONBES terdiri dari unsur PBNU, PWNU, Lembaga, Badan Khusus dan Badan Otonom NU.

Halal Bihalal dan Serah Terima Jabatan LD PBNU

LDNU halal bihalal sekaligus serah terima jabatan Lembaga Dakwah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LD PBNU) menggelar halal bihalal sekaligus serah terima jabatan dari kepengurusan masa khidmah 2015-2021 kepada masa khidmah 2022-2027 di lantai 8 Gedung PBNU Jalan Kramat Raya 164 Jakarta Pusat, Kamis, 19 Mei 2022.

Tausiyah Kiai Zulfa Mustofa – Kisah Imam Malik dan Khalifah Harun Ar-Rasyid

KH. Zulfa Mustofa memberikan Tausiyah di acara serah terima jabatan LD PBNU pada tanggal 19 Mei 2022 di Aula Lt. 8 Gedung PBNU. Dalam tausiyahnya, beliau kisahkan Imam Malik yang memuliakan ilmu dan kisah ulama NU yang menginspirasi.

Sistem Kaderisasi Baru Nahdlatul Ulama

PBNU Gelar Konferensi Besar NU 2022

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menggelar Konferensi Besar (Konbes) pada tanggal 20 hingga 21 Mei 2022 di Hotel Yuan Garden, Jakarta Pusat. Agenda permusyawaratan tertinggi setelah muktamar ini membahas berbagai peraturan perkumpulan Nahdlatul Ulama. Ada beberapa peraturan organisasi hasil Konbes NU di Lombok pada tahun 2017 yang perlu direvisi, disempurnakan, dan disesuaikan dengan hasil-hasil Muktamar Ke-34 NU di Lampung. Paniia telah menyiapkan tiga agenda dalam bentuk rancangan peraturan perkumpulan yakni sistem kaderisasi, tata kelola perkumpulan, serta sistem kebendaharaan dan aset.

PBNU, POLRI dan KEMENAG Launching Program 1 Juta Vaksin Booster

Pengurus besar nahdlatul ulama (pbnu) bekerja sama dengan kepolisian ri (polri) dan kementerian agama (kemenag) ri secara resmi meluncurkan program “1 juta vaksin booster” menjelang mudik lebaran 2022 dan hari raya idul fitri 1443 hijriah. Secara simbolis, peluncuran program berupa kegiatan vaksinasi yang menyasar 1 juta masyarakat di berbagai daerah di indonesia secara serentak ini dilakukan dengan penabuhan rebana oleh ketua umum pbnu kh yahya cholil staquf, kapolri jenderal pol. Listyo sigit prabowo, dan menteri agama yaqut cholil qoumas di kantor pusat pbnu, jakarta pusat.

Himbauan Rais Aam PBNU Terkait Vaksinasi Booster di Bulan Ramadan

PBNU dalam hal ini Lembaga Bathsul Masail telah mengadakan pembahasan masalah vaksinasi pada bulan ramadan, pada khususnya bagi mereka yang berpuasa. Hasil pilihan daripada LBM memilih bahwa vaksinasi pada siang hari tidak membatalkan puasa. Namun, memang ada pilihan lebih baik dilaksanakan pada malam hari.Namun, memang ada pilihan lebih baik dilaksanakan pada malam hari. Saudaraku, menjaga sebuah kesehatan anugerah Allah yang luar biasa. Kita diperintahkan menjadi bangsa yang kuat. Sebagaimana dalam hadits Rasulullah SAW. yang menyatakab bahwa: Seorang mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai oleh Allah daripada seorang mukmin yang lemah. Lemah kesehatanya, lemah ekonominya, lemah-lemah pemikiranya. Oleh karena itu hadapi setiap hal yang positif yang baik, mari kita hasilkan, raihlah apa yang kira-kira bermanfaat.

4 Kelompok yang Dirindukan Surga | KH. Abdullah Syamsul Arifin

Orang-orang apa saja yang dirindukan Surga? Berikut penjelasan KH. Abdullah Syamsul Arifin, Ketua Lembaga Dakwah PBNU. Cek, apakah anda termasuk dalam golongan yang dirindukan surga.

1 Juta Vaksin Booster Kerjasama PBNU, POLRI dan KEMENAG

1 Juta Vaksin Booster Kerjasama PBNU, POLRI dan KEMENAG Rabu, 21 April 2022 | Pukul, 10.00 WIB Lokasi: Kantor PBNU, Jakarta

Cara Wudhu Perempuan yang Bermakeup | Ning Firda Lirboyo

Bagaimana kalau sudah terlanjur menggunakan Makeup lalu datang waktu sholat sedang diri belum berwudu? Apakah bisa begitu saja berwudu tanpa menghilangkan Makeup? Berikut penjelasan Ustadzah Dhomirotul Firdaus (Ning Firda) dari Pondok Pesantren Lirboyo, Kediri, Jawa Timur.

Apa Kewajibanmu Terhadap Gurumu?_Akhlaq lil Banin Juz 2 | Eps 19

الأخلاق للبنين الجزء الثاني
Pelajaran Budi Pekerti Islam untuk Anak Laki-laki Bagian 2
Karya Syaikh Umar bin Ahmad Baraja

Pengkaji: Ust. Sugeng Priyono, ME.I, Dosen Fakultas Agama Islam Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia Jakarta

Bab 19
Kisah-kisah Nyata

Ngaji Kitab Ibanatul Ahkam | Bab Puasa (Hadist 221)

Ngaji Kitab Ibanatul Ahkam bersama KH Mahbub Ma’afi Ketua LBM Pengurus Besar Nahdlatul Ulama.

“Dalil Puasa Wajib dan Puasa Sunah terkait niat sebelum fajar “

Peringatan Nuzulul Quran 1443 H/2022 M – Kemenag RI

Peringatan Nuzulul Quran Tingkat Kenegaraan 1443 H/2022 M

“Kerukunan dan Keberagaman Perspektif Al-Quran”

Pada Selasa, 19 April 2022
Pukul 20.00 WIB s.d Selesai
Live melalui Youtube Kemenag RI

Puasa Ibu Hamil dan Menyusui | Ning Firda Lirboyo

Bolehkah Ibu Hamil atau Ibu Menyusui tidak puasa di bulan Ramadan? Banyak yang mengira bahwa dua kategori tersebut tidak perlu puasa, apakah benar demikian? Berikut penjelasan Ustadzah Dhomirotul Firdaus (Ning Firda) dari Pondok Pesantren Lirboyo, Kediri, Jawa Timur.

NU Tetap Sawadul A’zham | H. Nusron Wahid

Meneruskan pituah Rais ‘Aam PBNU, H. Nusron Wahid mewanti-wanti agar seluruh elemen NU tidak terbuai dan tertidur atas kebesaran NU. Meskipun NU menjadi single majority di Indonesia, bukan berarti NU bisa berleha-leha.

Video ini diambil dalam acara pengajian bulan ramadan di Masjid Menara Kudus.

Sumber video @Official Menara Kudus

Meraih Taqwa Dengan Puasa Ramadhan | KH. Abdullah Syamsul Arifin

Ada kemauan untuk berbagi dalam keadaan senang atau susah. Memberi meski dalam keadaan kekurangan, keterbatasan, apalagi berkecukupan. Memang seperti itukah orang yang taqwa? Berikut penjelasan KH. Abdullah Syamsul Arifin, Ketua LD PBNU.

Debes New Zealand Kunjungi Ketua Umum PBNU

Ketua umum pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya), menerima kunjungan Duta Besar New Zealand atau Selandia Baru untuk Indonesia, kevin burnett di kantor PBNU, Jl. Kramat Raya 164, Jakarta Pusat, Senin, 18 April 2022.

KH. Ahmad Said Asrori: Toleransi Terhadap Nikmat Yang Dimiliki Tetangga dan Saudara

Ngaji Fiqih Edisi Ramadan
Episode 05: “Toleransi Terhadap Nikmat Yang Dimiliki Tetangga dan Saudara”

Bersam: KH. Ahmad Said Asrori (Katib ‘Aam PBNU)
Tayang setiap hari Senin, Rabu dan Jum’at sepanjang bulan Ramadan
Pukul 20.15 WIB

Ngabuburit Literasi Ramadan: Literasi Digital di Indonesia

Katadata Insight Center (KIC) dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melakukan survei tentang literasi digital Indonesia pada 2021. Hasilnya, indeks literasi digital Indonesia berada di level 3,49 pada 2021. Angka tersebut menempatkan indeks literasi digital Indonesia masih berada dalam kategori sedang dengan skala skor indeks 0-5.

Terdapat empat pilar yang menjadi komponen dalam penghitugan indeks literasi digital tersebut. Digital Culture memperoleh skor tertinggi, yakni sebesar 3,9. Diikuti Digital Ethics dengan skor 3,55, kemudian Digital Skills dengan skor 3,44, dan terendah, Digital Safety dengan skor 3,1.

Bagaimana fakta di dalam masyarakat tentang angka tersebut? Benarkah etika berinternet sudah mencerminkan perbaikan? Simak selengkapnya di Talk Show Literasi Digital Spesial Ramadhan

Ngaji Kitab Ibanatul Ahkam | Bab Puasa (Hadist 220)

Ngaji Kitab Ibanatul Ahkam bersama KH Mahbub Ma’afi Ketua LBM Pengurus Besar Nahdlatul Ulama. “Waktu Niat Puasa Dibacakan”

Peringatan Nuzulul Qur’an 1443 H – Masjid KH Hasyim Asy’ari

Jamaah Shalat Tarawih dan Peringatan Nuzulul Qur’an 1443 H di Masjid Raya KH Hasyim Asy’ari, Jakarta Barat.

Dihadiri oleh Ketua LD PBNU, Ketua PWNU DKI Jakarta, Gubernur DKI Jakarta, dan para kiai-kiai lainnya.

Hadits-hadits Tentang Hewan yang Halal dan Haram Dimakan | Ngaji Kitab Bulughul Maram

Hadits-hadits Tentang Hewan yang Halal dan Haram Dimakan
Minggu, 17 April 2022 | Pukul, 21.30 WIB

bersama:
-Kyai Haji Ma‘ruf Khozin

Talkshow Garfa NU: Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi di Bulan Ramadan dan Pandemi

GARFA – Fatayat NU Kota Yogyakarta Talkshow Garfa NU: “Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi di Bulan Ramadan dan Pandemi”

17 April 2022
Pukul: 16.00-17.00 WIB

Narasumber:
DRG. ABDUL KADIR
(Dokter gigi Jogja International Hospital & BKM Pondok Ali Maksum)

Host:
RHETNO AROBIATUL J AMD.KEB
(Ketua PC Fatayat Kota Yogyakarta – Aktivis Gender)

Menjadi Muslimah yang Mendulang Banyak Berkah

Kajian Literatur Islam Lakpesdam NU Taiwan Menjadi Muslimah yang Mendulang Banyak Berkah di Bulan Ramadan

Mingg, 17 April 2022 | Pukul, 13.30 WIB

Bersama: Ning Nadia Naily Amalia Abdurrahman, Pengasuh Ponpes Fathul Ulum Kwagen

Bentuk Pribadi Berkualitas dengan Puasa

Khazanah Ramadan “Ramadan Momentum Membentuk Pribadi yang Berkualitas”

Minggu, 17 April 2022 | Pukul, 13.15 WIB

Narasumber: Dr. KH. Muhammad Aji Nugroho, Lc., MA. (Ketua LD PWNU Jawa Tengah)

Lazisnu Salurkan Paket Lebaran

Lembaga Amil Zakat, Infaq, Shadaqoh, Nahdlatul Ulama (LAZISNU) menyalurkan 100 paket sembako dan kurma, bantuan dari atase agama kerajaan arab saudi, kepada staf dan karyawan pengurus besar nahdlatul ulama, Pada hari Kamis, 14 April 2022. Penyerahan bantuan tersebut dilakukan di kantor Lazisnu, Lantai 2 Gedung PBNU, jl, kramat raya, Jakarta pusat.

Kriteria Ulama yang Bisa Dijadikan Guru | KH. Ghufron Mubin

Ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi seorang ulama sebelum menjadi guru. KH. Ghufron Mubin mengajak agar seseorang yang hendak mencari ilmu hendak mencari tahu terlebih dahulu calon gurunya, apakah sudah memenuhi kriteria sebagai guru atau tidak.

Talkshow Kesehatan: Epilepsi, Stigma dan Puasa Ramadan

Bincang Kesehatan “Epilepsi, Stigma dan Puasa Ramadan”

Sabtu, 16 April 2022 | Pukul, 20.15 WIB

Narasumber: dr Heri Munajib SpN

Talkshow Garfa NU: Perbedaan dan Keberagaman

GARFA NU Kota Yogyakarta Talkshow Garfa NU: “Perbedaan dan Keberagaman”

16 April 2022 Pukul: 16.00-17.00 WIB

Narasumber: GUS RAIHAN MUHAMMAD (Kepala PONPES Harapan Ar Risalah Bantul)

Host: ALVIANA M. RIZQIA (Pengurus PCF Kota Yogyakarta)

Tips Merawat Keharmonisan Rumah Tangga

Tips Merawat Keharmonisan Rumah Tangga Tips ini berlaku tidak hanya bagi yang sudah berkeluarga, yang belum pun patut mengetahuinya.

Sabtu, 16 April 2022 | Pukul: 16.00 WIB

Bersama Kiai Nur Salim Ismail, Ketua LD PWNU Sulawesi Barat

Host: Nikmatul Lailiyah

Ibadah Puasa dan Spirit Moderasi Beragama | KH. Khoirul Huda Basyir

Maknai dan pahami arti teks dan konteks agar memilki pandangan yang moderat. Di video ini, Kiai Khoirul Huda Basyir, Pengurus Lembaga Dakwah PBNU, mengulas kembali tentang syariat dan soal keimanan.

Perempuan dalam Islam (Menyikapi KDRT)

GARFA NU Kota Yogyakarta
Talkshow Perempuan dalam Islam (Menyikapi KDRT)

15 April 2022
Pukul: 16.00-17.00 WIB

Narasumber:
HIJROATUL MAGHFIROH M.A
(Pengurus PP Fatayat NU,
Secretary of International Relation PBNU)

Host:
DEWI FATIMAH ZAHRO
(Fatayat & Garfa Kota Yogyakarta)

Ngaji Syarah Al-Hikam bersama KH. Miftachul Akhyar | Pertemuan Ke 165

Pengajian Al-Hikam bersama Rais Aam PBNU, Abuya KH. Miftachul Akhyar. Di PP. Miftachus Sunnah. Pertemuan ke-165.
Setiap Hari Jum’at, Pukul 14.00 WIB s/d Selesai

Aula Ponpes Miftachussunnah Jl. Kedung Tarukan No. 100 Surabaya

Bincang Keluarga Maslahah: Keluarga Maslahah Sebagai Pilar Baldah Thayyibah

Bincang Keluarga Maslahah:
“Keluarga Maslahah Sebagai Pilar Baldah Thayyibah”
Jum’at, 15 April 2022 | Pukul, 13.30 WIB

Narasumber: Dr. (Hc) KH. Husein Muuhammad (Pengasuh Ponpes Darul Tauhid Cirebon, Pendiri Pesantren Untuk Pemberdayaan Perempuan Puan Amal Hayati)

Host: Musliha Rofik (Pengurus LKK PBNU)

Inilah Penyakit Orang Berilmu | Gus Ulil Abshar Abdalla

Penyakit orang yang berilmu adalah sombong. Orang yang berilmu memiliki kecenderungan untuk sombong. Semakin pintar atau berpengetahuan seseorang, kesombongannya semakin meningkat.

PIMPINAN PPATK SAMBANGI KANTOR PBNU

Ketua Umum PBNU KH. Yahya CHolil Staquf menerima kunjungan Kepala Pusat Pelaporan Dan Analisis Transaksi Keuangan PPATK, Ivan Yustiavandana, bersama jajarannya.

Dalam pertemuan yang berlangsung tertutup ini, PPATK ajak kolaborasi berantas money laundry dan kejahatan terorisme.

Istighosah, Debat Calon Ketua Umum PP IPNU 2022-2025

Sore ini akan digelar kegiatan istighosah yang diselenggarakan oleh PP IPNU bertempat di aula Lt. 5 gedung PBNU.

Kenapa NU Meneruskan Perjuangan Para Wali? | H. Nusron Wahid

NU merupakan organisasi keislaman terbesar di Indonesia. Namun, H. Nusron Wahid mewanti-wanti agar warga NU tidak terlena dengan kebesaran tersebut. Baginya, NU menjadi besar dan tetap kokoh berdiri karena ajaran NU sudah ada sejak zaman dulu lalu berlangsung hingga zaman para wali, kemudian NU berdiri untuk melanjutkan ajaran tersebut.

Video ini diambil dalam acara pengajian bulan ramadan di Masjid Menara Kudus.

Sumber video @Official Menara Kudus

Ngaji Fiqih Bersama KH. Ahmad Said Asrori: Bagaimana Menjadi Muslim yang Baik?

Ngaji Fiqih Edisi Ramadan

Episode 05: “agaimana Menjadi Muslim yang Baik?”

Bersam: KH. Ahmad Said Asrori (Katib ‘Aam PBNU) Tayang setiap hari Senin, Rabu dan Jum’at sepanjang bulan Ramadan Pukul 20.15 WIB

Kultum Ramadan Bersama KH. Cholil Nafis: Menggapai Ampunan di Bulan Ramadan

Kultum Ramadan

Bersama: K.H. Muhammad Cholil Nafis, Lc., M.A., Ph.D. “Menggapai Ampunan di Bulan Ramadan”

Ngaji Al-Qur’an dan Tafsir | Surah Al-Baqarah Ayat158-159

Ngaji Al-Qur’an dan Tafsir. Surah Al-Baqarah, bersama KH. M. Taufik Damas Lc., Wakil Katib Syuriah PWNU DKI Jakarta dan LBM-PBNU.

Korelasi Lapar dengan Jalan Rohani | Gus Ulil Abshar Abdalla

Hati kotor tidak akan bisa menangkap sinyal-sinyal atau getaran yang datang dari langit. Salah satu cara agar merasakan itu adalah dengan cara lapar. Dengan lapar, rohani akan semakin aktif. Tapi ini perlu dicatat, jalan rohani ini harus dilakukan dengan lapar yang disengaja, bukan tidak disengaja.

Untuk Apa Berdoa? | KH. Ghufron Mubin

Pentingnya beribadah tahu mengapa dirinya beribadah. Pentingnya tahu soal iman sebelum dirinya beriman. Kiai Ghufron mengajak pemirsa untuk mengingat-ngingat diri tentang kenapa harus melakukan suatu ibadah, agar kuat keimanan dan bermakna ibadah yang dijalani.

Peci dan Kopi: Mengawinkan Tradisionalisme dan Modernisme

Peci dan Kopi: Mengawinkan Tradisionalisme dan Modernisme Narasumber:

Zastrow Alngatawi (Budayawan/LESBUMI)

Host: Ahmad Rozali

Talkshow Kesehatan: Doa dan Aspek Kesehatan

Doa dan Aspek Kesehatan Ahad, 13 April 2022 | Pukul, 20.15 WIB

Narasumber: dr. MS Niam, SpB-KBD, (LK PBNU)

Host: Ali Ramadan

Ngaji Al-Qur’an dan Tafsir | Surah Al-Baqarah Ayat 155-157

Ngaji Al-Qur’an dan Tafsir. Surah Al-Baqarah, bersama KH. M. Taufik Damas Lc., Wakil Katib Syuriah PWNU DKI Jakarta dan LBM-PBNU.

Apa Kewajibanmu Terhadap Guru?_Akhlaq lil Banin Juz 2 | Eps 18

الأخلاق للبنين الجزء الثاني

Pelajaran Budi Pekerti Islam untuk Anak Laki-laki Bagian 2 Karya Syaikh Umar bin Ahmad Baraja

Pengkaji: Ust. Sugeng Priyono, ME.I, Dosen Fakultas Agama Islam Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia Jakarta

4 Golongan yang Dirindukan Surga | KH. Jamil Abdul Latief

Khazanah Ramadan 4 Golongan yang Dirindukan Surga | KH. Jamil Abdul Latief

Ngaji Kitab Ibanatul Ahkam | Bab Puasa (Hadist 219)

Ngaji Kitab Ibanatul Ahkam bersama KH Mahbub Ma’afi Ketua LBM Pengurus Besar Nahdlatul Ulama. “Rukyatul Hilal Sebagai tanda awal masuk bulan Ramdhan dan akhir bulan Ramdhan”

Ngaji Al-Qur’an dan Tafsir | Surah Al-Baqarah Ayat 152-154

Ngaji Al-Qur’an dan Tafsir. Surah Al-Baqarah, bersama KH. M. Taufik Damas Lc., Wakil Katib Syuriah PWNU DKI Jakarta dan LBM-PBNU.

PCNU Kota Gunungsutoli Ajak Nahdliyin Bershalawat

Pengurus cabang nahdlatul ulama kota gunungsitoli , sumatera utara , terus lakukan muhibah ramadan , dan malam ini mengunjungi masjid al aqsa boe, desa teluk belukan, kecamatan gunungsitoli utara, kota gunungsitoli, sumatera utara.

Hendrik Yanto Halawa, gunungsitoli, sumatera utara

Bagi pengurus PWNU, PCNU dan lembaga NU seluruh Indonesia yang memiliki kegiatan serupa dengan video ini atau kegiatan lainnya dapat di kirim ke redaksi TVNU Email: channel.ph164@gmail.com

Trend Hidup Agar Dapat Kun Fayakunnya Allah | KH. Zakaria Khobir

Sudah berapa kali kita melewati bulan ramadan? Amalan apa saja yang telah kita punya, hingga kelak sanggup melihat amalan yang diputar ulang di hadapan Allah SWT?

KH. Zakaria Khobir, LDPBNU

JAKSA AGUNG SAMBANGI PBNU

Jaksa Agung Republik Indonesia ST Burhanudin bertemu Ketua Umum PBNU KH. Yahyah Cholil Staquf.

Dalam pertemuan itu, membahas penegakan hukum dan kasus korupsi.

Ngaji Fiqih Bersama KH. Ahmad Said Asrori: Menjaga Lisan Saat Ramadan

Ngaji Fiqih Edisi Ramadan

Episode 04: “Menjaga Lisan Saat Ramadan”

Bersam: KH. Ahmad Said Asrori (Katib ‘Aam PBNU)

Tayang setiap hari Senin, Rabu dan Jum’at sepanjang bulan Ramadan Pukul 20.15 WIB

Kultum Ramadan Bersama KH. Cholil Nafis: Ramadan dan Spirit Kebangkitan Ekonomi Umat

Kultum Ramadan

Bersama: K.H. Muhammad Cholil Nafis, Lc., M.A., Ph.D.

“Ramadan dan Spirit Kebangkitan Ekonomi Umat”

Pentingnya Niat dalam Setiap langkah Hidup Kita | Kiai Tian Kamaludin

Segala amal kita tergantung pada niat, jika kita niatkan semuanya lillahi ta’ala insyaAllah akan berjalan dengan mudah. Jadi, jangan sampai apa yang kita kerjakan semuanya menjadi sia-sia.

Belajar Disiplin Waktu dari Puasa | KH. Ridho Abdul Fattah

Puasa merupakan kesempatan untuk melatih waktu. Menjadwalkan waktu dan menggunakan sebaik mungkin. Banyak orang yang rugi dalam dua hal, yaitu rugi dalam kesehatan dan terbuai dengan waktunya yang kosong. Saat waktu kosong digunakan untuk berleha-leha dan saat sampai pada akhir hayatnya menyesal karena tidak menggunakan waktunya sebaik mungkin.

Spesial ramadan bersama KH. Ridho Abdul Fattah, Pengurus LDPBNU

Ngaji Kitab Ibanatul Ahkam | Bab Puasa (Hadist 218)

Ngaji Kitab Ibanatul Ahkam bersama Ustadz Mahbub Ma’afi Ketua LBM Pengurus Besar Nahdlatul Ulama. “Kesaksian seseorang ketika melihat Hilal awal bulan Ramdhan dan awal Bulan Syawal”

Amalan-Amalan Utama Di Bulan Ramadan | KH. Abdul Rahman Arsyad

Khazanah Ramadan Amalan-amalan Utama di Bulan Ramadan | KH. Abdul Rahman Arsyad

Tips Aman Bepuasa, Bebas Gangguan Perut

Tips Aman Brpuasa, Bebas Gangguan Perut Ahad, 10 April 2022 | Pukul, 20.15 WIB

Narasumber: dr Syifa Mustika, Sp.PD.KGEH

Ngaji Al-Qur’an dan Tafsir | Surah Al-Baqarah Ayat 148-149

Ngaji Al-Qur’an dan Tafsir. Surah Al-Baqarah, bersama KH. M. Taufik Damas Lc., Wakil Katib Syuriah PWNU DKI Jakarta dan LBM-PBNU.

Hikmah Tadarus Al-Qur’an dan Kesehatan

Hikmah Tadarus Al-Qur’an dan Kesehatan Kamis, 9 April 2022 | Pukul, 20.15 WIB

Narasumber: dr Abdul Aziz, M.h.Kes.M.M.K.M.

Tarawih Malam Ke-8 di Masjid Raya KH. Hasyim Asy’ari Jakarta

Live Sholat Isya dan Tarawih Ramadan 1443 di Masjid Hasyim Asy’ari

Ngaji Al-Qur’an dan Tafsir | Surah Al-Baqarah Ayat 145-147

Ngaji Al-Qur’an dan Tafsir. Surah Al-Baqarah, bersama KH. M. Taufik Damas Lc., Wakil Katib Syuriah PWNU DKI Jakarta dan LBM-PBNU.

Inilah Jalan Hidup Manusia Pilihan | KH. Ridho Abdul Fattah

Sabar Adalah Jalan Hidup para Manusia Pilihan, hanya orang-orang terpilihlah yang kesabarannya luar biasa, seperti para nabi, sahabat dan seterusnya.

Contoh Isim yang Diawali Al, Metode Cepat Baca Kitab Kuning [PART 5]

Ini adalah part lanjutan dari contoh-contoh kalimat Isim.

Contoh Kalimat Isim yang diawali huruf Al. Pemapar: KH. Abdul Muiz Ali atau yang biasa dikenal dengan sebutan Kiai AMA, Cendikiawan Muda NU sekaligus Pengasuh Pondok Pesantren Miftahul Ulum Jakarta.

Ngaji Syarah Al-Hikam bersama KH. Miftachul Akhyar | Pertemuan Ke 164

Pengajian Al-Hikam bersama Rais Aam PBNU, Abuya KH. Miftachul Akhyar. Di PP. Miftachus Sunnah. Pertemuan ke-164.

Setiap Hari Jum’at, Pukul 14.00 WIB s/d Selesa

Ngaji Fiqih Bersama KH. Ahmad Said Asrori: Hal-hal yang Harus Dihindari Saat Menjalankan Puasa

Ngaji Fiqih Edisi Ramadan Episode 03: “Hal-hal yang Harus Dihindari Saat Menjalankan Puasa”

Bersam: KH. Ahmad Said Asrori (Katib ‘Aam PBNU) Tayang setiap hari Senin, Rabu dan Jum’at sepanjang bulan Ramadan Pukul 20.15 WIB

Antara Taqwa dan Kemudahan | Kiai Tian Kamaludin

Tugas kita di dunia ini adalah untuk beribadah yaitu dengan menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangannya. Allah menciptakan seluruh makhluk denga tujuan untuk menyembah kepada Allah. Balasan dari Allah SWT terhadap ketaqwaan Allah berikan segala kemudahan dalam hidupnya.

Ngaji Al-Qur’an dan Tafsir | Surah Al-Baqarah Ayat 141-142

Ngaji Al-Qur’an dan Tafsir. Surah Al-Baqarah, bersama KH. M. Taufik Damas Lc., Wakil Katib Syuriah PWNU DKI Jakarta dan LBM-PBNU.

Kultum Ramadan Bersama KH. Cholil Nafis: Ramadan Riang Gembira

Kultum Ramadan
Bersama:
KH. Cholil Nafis
“Ramadan Riang Gembira”

Ngaji Al-Qur’an dan Tafsir | Surah Al-Baqarah Ayat 139-140

Ngaji Al-Qur’an dan Tafsir. Surah Al-Baqarah, bersama KH. M. Taufik Damas Lc., Wakil Katib Syuriah PWNU DKI Jakarta dan LBM-PBNU.

Kisah-kisah Nyata_Akhlaq lil Banin Juz 2 | Eps 17

الأخلاق للبنين الجزء الثاني
Pelajaran Budi Pekerti Islam untuk Anak Laki-laki Bagian 2
Karya Syaikh Umar bin Ahmad Baraja

Pengkaji: Ust. Sugeng Priyono, ME.I, Dosen Fakultas Agama Islam Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia Jakarta

Ngaji Kitab Ibanatul Ahkam | Bab Puasa (Hadist 216)

Ngaji Kitab Ibanatul Ahkam bersama Ustadz Mahbub Ma’afi Ketua LBM Pengurus Besar Nahdlatul Ulama. “Larang berpuasa 1-2 hari sebelum bulan Ramadhan atas dasar kehati-hatian”

Ngaji Al-Qur’an dan Tafsir | Surah Al-Baqarah Ayat 137-138

Ngaji Al-Qur’an dan Tafsir. Surah Al-Baqarah, bersama KH. M. Taufik Damas Lc., Wakil Katib Syuriah PWNU DKI Jakarta dan LBM-PBNU

KH. Ahmad Said Asrori: Sempurnakan Ibadah Di Bulan Ramadan

Ngaji Fiqih Edisi Ramadan
Episode 01: “Sempurnakan Ibadah Di Bulan Ramadan”

Bersam: KH. Ahmad Said Asrori (Katib ‘Aam PBNU)
Tayang setiap hari Senin, Rabu dan Jum’at sepanjang bulan Ramadan
Pukul 20.15 WIB

Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) Berkunjung ke Kantor PBNU

Perhimpunan Indonesia Tionghoa atau disingkat Perhimpunan INTI berkunjung ke Kantor PBNU. Senin, 04 April 2022.

NU Care-LAZISNU dan PP Muslimat NU Perkuat Kerja Sama Program

NU Care-LAZISNU menerima kunjungan silaturahmi Pimpinan Pusat (PP) Muslimat NU di gedung PBNU, Jakarta Pusat, pada Jumat (1/04/2022). Silaturahmi tersebut juga merupakan agenda untuk memperkuat kerja sama program yang telah dibangun antara NU Care-LAZISNU dengan PP Muslimat NU.

Ngaji Al-Qur’an dan Tafsir | Surah Al-Baqarah Ayat 133-134

Ngaji Al-Qur’an dan Tafsir. Surah Al-Baqarah, bersama KH. M. Taufik Damas Lc., Wakil Katib Syuriah PWNU DKI Jakarta dan LBM-PBNU.

Cara Cepat Baca Kitab Kuning | Introduce

Semdudah apakah cara membaca kitab kuning? Berikut, menemani puasa anda di Bulan Ramadhan, TVNU menyajikan Cara Cepat Baca Kitab Kuning yang berfokus pada dasar-dasarnya. Metode ini akan tayang secara berkala dan dijelaskan langsung oleh KH. Abdul Muiz Ali atau yang biasa dikenal dengan sebutan Kiai AMA, Cendikiawan Muda NU sekaligus Pengasuh Pondok Pesantren Miftahul Ulum Jakarta.

Gubernur DKI Jakarta: Ayahanda Gus Dur Mengajari Kita Tentang Kedisiplinan

Kita mesti bersyukur, kita beruntung hidup di Indonesia ini. Kita mendapatkan banyak sekali keteladanan dari para kyai atau ulama yang saleh dan alim. Biasanya, mendekati Ramadhan, tepatnya mulai bulan Rajab para kyai mengajari kita untuk bertirakat dengan berpuasa sambil berdoa, “Allahumma barik lana fi rajaba wa sya’bana wa ballighna ramadhana.”

اللهم بارك لنا في رجب وشعبانا وبلغنا رمضان

Ya Allah, berkatilah kami di bulan Rajab dan Sya’ban ini. Sampaikanlah kami pada bulan Ramadhan.

Allahu yarham almaghfurlah Mbah Maimun Zubair, misalnya, sangat menyarankan kita untuk berpuasa pada bulan Rajab. Sebisa mungkin dari tanggal 1-10 Rajab. Jika pun tak bisa, maka tanggal 10-nya pun tak mengapa.

PBNU: Selamat Menunaikan Ibadah Puasa 1443 H

“Selamat Menunaikan Ibadah Puasa1443 H ” (Gus Yahya).

Ketum PBNU: Manfaatkan Bulan Ramadhan yang Mulia untuk Meneguhkan Jihadun Nafs

Manfaatkan Bulan Ramadhan yang Mulia untuk Meneguhkan Jihadun Nafs

Bacaan Niat Puasa Ramadhan dan artinya

Bacaan niat puasa di bulan Ramadhan oleh Ustazah Nazli Arfan Nasution.

1 Ramadhan Gunakan Metode dan Norma Hasil Muktamar ke-34 NU Lampung

1 Ramadhan Gunakan Metode dan Norma Hasil Muktamar ke-34 NU Lampung

KH Zulfa Mustofa: Selain Keramat, Inilah Ciri-ciri Menjadi Wali Allah

Wakil Ketua Umum PBNU, KH. Zulfa Mustofa memberikan tausiyah pada Pengajian Akbar dan Peringatan Haul KH. Muslich Ke-25 di Perguruan Diponegoro Jakarta, 20 Januari 2024. Dalam tausiyahnya Kiai Zulfa menjelaskan bahwa sejak zaman nabi hingga sekarang, kekasih-kekasih Allah diberikan ilmu firasat. Dalam sebuah riwayat, Nabi mengatakan untuk takut kepada ilmu firasat yang dimiliki seorang mukmin, karena seorang mukmin itu bisa melihat sifat dan perilaku seseorang, sebab Allah memberikan nur di dalam dirinya.

Sumber Video Channel YouTube Perguruan Diponegoro.

Episode 1: https://youtu.be/VahLuOYrgiE?si=lOEDH9B1DzG1Ty2T

Episode 2: https://youtu.be/7d80KDGmtfE?si=WuHygFUg5P3jYCUF

KH Zulfa Mustofa Kisahkan Keunikan Nama dan Gelar Para Waliyullah serta Karomahnya

Wakil Ketua Umum PBNU KH Zulfa Mustofa menuturkan kisah tentang keunikan para ulama dan wali terdahulu dalam memberikan julukan dan nama kepada sesama ulama pada masanya. Nama dan julukan tersebut memiliki karomah dan makna yang luar biasa.

Pengajian Akbar Peringatan Haul K.H. Muslich Ke-25 pada Sabtu, 20 Januari 2024 di Perguruan Diponegoro, Masjid Jami’ Al-Hidayah Jl. Sunan Giri No. 5 Rawamangun – Jakarta Timur.

Sumber Video Channel YouTube Perguruan Diponegoro.

Pandangan Hukum Islam tentang Polemik Imunisasi HVP

Ketua LBM PBNU KH Mahbub Ma’afi memberikan pandangan syariat terkait polemik pencegahan kanker serviks dengan Imunisasi HVP.

Simak selengkapnya video berikut!!!

Bagaimana Pencegahan Kanker Serviks dalam Tinjaun Islam?

Pencegahan dan pengobatan Kanker Serviks dengan imunisasi HVP sejak dini menjadi perdebatan di tengah masyarakat mengenani status hukumnya.

Lalu bagaimana Islam meninjau hal tersebut? Simak selengkapnya penjelasan dari Sekretaris Lembaga Bahtsul Masail (LBM) PBNU Hj. Ala’i Nadjib berikut ini!!!

Cegah Kanker Serviks Sejak Dini, Lakukan Langkah-langkah Berikut!!!

Indonesia merupakan negara dengan jumlah pengidap kanker serviks terbesar se-Asean. Kanker Serviks merupakan salah satu penyakit mematikan yang disebabkan oleh beberapa faktor. Sebagai upaya mencegah dan menanggulangi semakin banyaknya pengidap penyakit mematikan itu salah satunya adalah dengan melakukan imunisasi HPV.

Selengkapnya simak video penjelasan dari Ketua Umum PP Fatayat NU Hj. Margaret Aliyatul Maemunah berikut ini !!!

Tausiyah KH Miftachul Akhyar Peringatan Isra Mi’raj dan Mendak KH Cholil Bisri

Rais ‘Aam PBNU KH Miftachul Akhyar menyampaikan tausiyah pada Peringatan Isra Mi’raj dan Mendak KH Cholil Bisri pada Selasa, 20 Februari 2024 di Pondok Raudlatut Thalibin Leteh Rembang, Jawa Tengah.

Dalam kesempatan itu, KH Miftachul Akhyar mengatakaan, salah satu ajaran yang sering disampaikan KH Cholil Bisri adalah seorang pemimpin harus bener dan pintar.

Sambutan Ketua Umum PBNU di Peringatan Isra Mi’raj dan Mendak KH Cholil Bisri

Ketua Umum PBNU KH. Yahya Cholil Staquf memberikan tausiyah pada Pengajian Umum Peringatan Isra Mi’raj dan Mendak KH Cholil Bisri PP. Raudlatul Thalibin Leteh Rembang, Jawa Tengah, Selasa 20 Februari 2024.

Alasan Ulama Tidak Boleh Berpihak dalam Politik Kekuasaan

Wakil Ketua Umum PBNU KH Zulfa Mustofa menyampaikan alasan-alasan penting kenapa para tokoh agama dilarang untuk terlibat dan memihak dalam politik kekuasaan. Mengutip Imam Al Ghazali, KH Zulfa mengatakan, rusaknya perilaku para pemimpin dan pejabat disebabkan oleh rusaknya prilaku para tokoh agama.

Pengajian Akbar Peringatan Haul K.H. Muslich Ke-25 pada sabtu, 20 januari 2024 di Perguruan Diponegoro, Masjid Jami’ Al-Hidayah Jl. Sunan Giri No. 5 Rawamangun – Jakarta Timur.

Sumber Video Channel YouTube Perguruan Diponegoro.

Gus Yahya: Pemilu Berjalan dengan Sangat Baik dan Lancar

Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf merasa bersyukur karena Pemilu 2024 bisa dilaksanakan dengan lancar tanpa ada masalah yang berarti. Ia menghimbau kepada seluruh pihak untuk tetap tenang dan menjaga diri serta menunggu keputusan resmi apapun hasilnya. Ia menambahkan, jika terjadi sebuah kecurangan, ia berharap para pihak menempuh jalur sesuai dengan prosedur hukum yang berlaku.

Konferensi Pers PBNU tentang Pelaksanaan Pilpres 2024

Konferensi Pers PBNU
Bersama Ketua Umum PBNU K.H. Yahya Cholil Staquf
Agenda: “Sikap PBNU Atas Pelaksanaan Pilpres dan Pileg 2024
Hari/tanggal : Jumat, 16 Februari 2024 | Pukul 16:00 WIB

Disiarkan langsung dari Plaza Gedung PBNU, Jalan Kramat Raya 164, Jakarta Pusat

96,575FansSuka
82,523PengikutMengikuti
36,400PengikutMengikuti
549,000PelangganBerlangganan

Video Teaser